Home » Publikasi » Undangan » PP IPPAT Bersama Kanwil ATR BPN Gelar Pembinaan PPAT Papua Barat

PP IPPAT Bersama Kanwil ATR BPN Gelar Pembinaan PPAT Papua Barat

iniippat    July 3, 2023

pembinaan-ppat-papua-pabar_5

Sorong, Papua Barat, Ketua Umum dan Tim PP IPPAT melaksanakan kegiatan pembinaan PPAT di Kota Sorong Papua Barat, Kamis (19/5/2022). Kegiatan dirangkai dengan pelantikan Anggota  Majelis Kehormatan Wilayah (MKW)  Papua Barat, hasil  Konferwil Papua Barat yang dilaksanakan beberapa bulan yang lalu, Halal Bihalal dan Baksos yang diselenggarakan Rabu (18/5/2022).

Ketua Umum PP IPPAT,  Dr. Hapendi Harahap, SH., Sp.N, MH, hadir  sebagai narasumber  didampingi  Sekretaris Umum Otty H.C Ubayani, SH., Sp.N, MH, Kabid Organisasi Dr. Bambang S. Oyong, SH., MH, Kabid Perundang-Undangan Dr. Ely Baharini, dan Kabid Olah Raga Asep Hariyanto, SH., M.Kn.

Ketua Umum Hapendi Harahap dalam  sambutannya  menyatakan TIM  PP IPPAT hadir ke Sorong Propinsi  Papua Barat  dalam rangka  melaksanakan kegiatan  pembinaan PPAT. Selain itu juga dilaksanakan pelantikan anggota  MPW hasil Konferwil IPPAT lalu.

“Kami hadir  atas  undangan Bapak Kepala Kantor BPN Propinsi Papua Barat untuk melaksanakan kegiatan pembinaan rutin untuk PPAT. Dilanjut dengan pelantikan anggota MPW.  Rangkaian kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama yang baik antara PP IPPAT, Pengwil IPPAT Papua Barat dan  Kanwil ATR BPN”, kata Ketua Umum Hapendi Harahap.

Kegiatan pembinaan  berlangsung lancar dan  mendapatkan sambutan antusias  para PPAT  di  Papua  Barat. Selain   Ketua Umum PP dan Tim PP IPPAT,  hadir Kakanwil ATR/BPN Papua Barat,  Freddy A. Kolintama, para Kabid dan Kepala Kantor Pertanahan setempat, Kakanwil Hukum Dan HAM RI Taufiqurrakhman, S.Sos., SH., MH., Ketua Pengwil IPPAT Papua Barat Christina Ella Yonatan, SH., M.Kn dan para Ketua Pengda IPPAT serta undangan  lainnya.

Lebih lanjut Ketua Umum PP IPPAT menyatakan kegiatan  pembinaan PPAT merupakan tanggung jawab bersama organisasi dan BPN serta didorong untuk kepentingan peningkatan kualitas PPAT.

“Kegiatan ini merupakan capaian positif dari  perkumpulan, akan  diitensifkan dan dilaksanakan berkelanjutan.

Ketua  Umum menegaskan PP  IPPAT  akan terus bergerak untuk melaksanakan  kegiatan-kegiatan organisasi.  Bulan Maret lalu PP IPPAT telah menggelar Rakernas IPPAT Pertama dan menghasilkan beberapa keputusan penting untuk organisasi dan anggota perkumpulan.

“Rakernas IPPAT pertama pada tanggal 24 Maret 2024, telah melahirkan beberapa Perkum (Peraturan Perkumpulan) dan perubahan ART Perkumpulan.  Perkum-perkum yang dikeluarkan PP-IPPAT tersebut diproduksi untuk kepentingan anggota IPPAT agar  nyaman dalam melaksanakan tugas dan jabatannya.  Dalam memberikan perlidungan salah satunya adalah disahkan Perkum yang berhubungan dengan pendampingan anggota”, kata  Hapendi Harahap.

Hapendi  Harahap  menegaskan kegiatan pembinaan PPAT dinilai  sangat penting dan  memberi arti bagi anggota IPPAT.

“Kegiatan pembinaan ini sangat  penting disaat tantangan pekerjaan semakain besar.  Oleh karenanya saya  ingatkan kepada seluruh anggota IPPAT untuk selalu taat asas dalam menjalankan jabatan PPAT yang ada”, pungkasnya.

Selain Ketua Umum IPPAT, Dr. Hapendi Harahap, SH. MH, materi pembinaan dan sosialisasi peraturan juga disampaikan Sekum Ibu Otty H.C Ubayani, SH.,Sp.N, Kabid Organisasi Dr. Bambang S. Oyong, SH., MH, dan Kabid Perundang-undangan Dr. Ely Baharini, SH., Sp. N, MH.

Ketua  Pengwil IPPAT Papua  Barat, Christina Ella Yonatan, SH., M.Kn menyatakan memberikan apresisasi kepada Ketua Umum dan Tim PP IPPAT atas  kesediaannya datang ke Papua Barat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pak Ketum dan Tim PP IPPAT atas kedatangannya. Sungguh suatu yang membahagiakan anggota IPPAT di Papua Barat bisa bertemu dengan Ketum dan para kabid dan sudah memberikan  bekal dan berbagi pengalaman untuk kemajuan PPAT di tanah Papua”, kata Ella.

Sebelum dilaksanakan pembinaan PPAT,  Rabu (18/5/2022) Ketum dan Tim PP IPPAT bersama Pengurus Wilayah IPAAT Papua Barat, melaksanakan kegiatan baksos yaitu  memberikan bantuan kepada masyarakat pesisir yang tidak mampu.

Bantuan berupa dana tunai tersebut diapresiasi oleh masyarakat setempat yang memang sangat membutuhkan. 

Dihari yang sama Rabu (18/5/2022) malam, Ketum PP IPPAT, Dr. Hapendi Harahap, SH. MH juga melantik Anggota Majelis Kehormatan Wilayah (MKW) Papua Barat, terdiri dari Priyo Handoko, SH, Rachel Indrasary Sidanutar, SH, M.Kn dan B. Rum Riviani, SH.

Selanjutnya dilaksanakan Halal Bihalal yang dihadiri Kakanwil Hukum dan HAM RI Papua Barat, Taufiqurrakhman, S.Sos., SH., M.Si., Kakanwil ATR / BPN Papua Barat Freddy A. Kolintama, seluruh Kepala Kantor Pertanahan se Propinsi Papua Barat, Ketum IPPAT, Sekum IPPAT dan sejumlah Kabid PP IPPAT serta Ketua Pengwil dan Ketua Pengda IPPAT se Provinsi Papua Barat.(HUMAS PP IPPAT)

Posted in

RELATED POSTS